Kamis, 20 Januari 2011

Kuliah (lagi)

14 Januari 2011
Hari ini seperti biasa gue memertahankan gelar gue sebagai --Prince of Ngaret-- karena apa-apa yang gue kerjain pasti NGARET a.k.a TELAT a.k.a TERLAMBAT.
Telat bangun, telat makan, telat mandi, sampe telat secara akademik.
Nah, yang telat terakhir itu yang ngebuat gue harus belepotan sana-sini mengorek-ngorek informasi bagaimana caranya gue bisa melanjutkan kembali kuliah gue (secara kalo enggak ngajuin surat permohonan berarti gue dianggap mengundurkan diri dari universitas tercinta gue T~T), menanyakan mata kuliah apa aja yang boleh gue ambil buat semester 2 beserta matkul-matkul apa aja yang menjadi syarat untuk matkul-matkul lain sama PA + hal-hal seputar Sistem Informasi Akademis Next Generation
(SIAK NG)

Oh, iya untuk mengetahui kenapa gue skip di semester pertama pasti bakal gue beberkan suatu hari nanti (tunggu tanggal mainnya ya !)

Pagi ini gue bangun sekitar pukul 09.00 setelah kemaren gue berpeluh-peluh, berdarah, bernanah -lebay- buat nyari informasi registrasi akademik semester 2 dan bertemu PA _dan_
voila !
gue diizinkan mencomot 14 sks dari 23 sks yang tersedia. Ini berarti 4 dari 7 matkul yang mesti gue jabanin buat semester ini berhubung matkul yang lain harus membutuhkan matkul semester 1 sebagai syarat untuk bisa melanjutkan ke matkul yang bersangkutan.

Matkul yang boleh gue ambil :
1. MPKT Agama (2 sks)
2. MPKT Bahasa Inggris (3 sks)
3. MPKT B (6 sks)
4. Perkembangan Bahasa Indonesia (3 SKS)

Matkul yang belom boleh gue ambil :
1. Fonologi Bahasa Indonesia (3 sks)
syarat : telah mengikuti matkul Pengantar Linguistik Umum di semester 1 dengan
nilai minimal C
2. Kemahiran Bahasa Indonesia II (3 sks)
syarat : telah mengikuti matkul Kemahiran Bahasa Indonesia I di semester 1
dengan nilai minimal C
3. Pengkajian Prosa (3 sks)
syarat : telah mengikuti matkul Pengantar Kesusastraan di semester 1 dengan
nilai minimal C

Anyway, senior gue yang bernama Denty Kusuma Wardany, mahasiswi prodi Indonesia angakatan 2008, kemaren 'membocorkan' rahasia tentang seluk-beluk registrasi administrasi akademik untuk para penerima Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).
Berikut dialog gue dengan beliau :

"gimana, Dek ? udah diurus administrasinya ?"
tanyanya.

"beloman, Kak. rencananya sih pas tanggal 15 nya baru mau bayar tapi enggak tau juga tanggal segitu udah ada uangnya apa belom."
jawab gue lemes.

"eh, tapi kata temen aku yang adkesma bisa dicicil lho, Dek, BOPB-nya. Nanti aku kasih tau nomornya ke kamu ya. Namanya Lu'lu."
tawar Kak Denty ramah.

"beneran, Kak ? tapi gimana caranya bisa dicicil gitu ?"
tanya gue dengan heran karena setau gue BOPB merupakan sistem pembayaran yang SUDAH diringankan dan dibebankan kepada mahasiswa sesuai dengan penghasilan orang tua.

"iya, jadinya kamu disuruh buat surat pernyataan ke wakil dekan. Tapi formatnya kayak apa aku enggak tau. Nanti coba ditanya-tanya aja, Dek."
tukasnya.

"oh, gitu. Harus dicoba itu, Kak ! Makasih ya, Kak Denty !"
jawab gue sumringah.

"oke, Dek."
balas Kak Denty dengan senyum simpulnya.

Selanjutnya gue ngobrol ngalor-ngidul sepanjang jalan sama senior gue yang satu ini tentang UI, organisasi di dalamnya, pengalaman ngajar, sama idealisme UI sendiri. Sungguh lincah, tangkas, dan lihainya gadis berhijab ini dalam mengekspresikan kata-kata yang dikombinasikan dengan body language yang ia tunjukkan. FYI, Kak Denty juga merupakan senior gue waktu gue SMA. Bahkan SMP pun kita samaan ! (how lucky i am :D) SMA 2 Depok + SMP 3 Depok. Terus ketemu lagi di kampus yang sama, fakultas yang sama, jurusan yang sama.
Tapi kenapa baru 'ngeh' sekarang ?
who knows ??

•••

Kembali ke tanggal 14 Januari 2010. Hari ini juga gue kebut-kebutan sama waktu. Dan gue baru ber-sms ria dengan Kak Lu'lu pagi ini (jangan tanya gue kenapa baru sms XD), beliau berkata bahwa alangkah lebih baiknya kalo gue langsung menghadap langsung ke ka. departemen adkesmanya, namanya Ana, mahasiswi prodi Arab 2009.
langsung gue ngebut nanyain perihal BOPB itu kepada beliau. Sepersekian menit pun Kak Ana ngebales sms gue yang kurang lebih berbunyi :

"Iya masih bisa, tapi hari ini terakhir.
formatnya ada di saya.
kamu ke ruang BEM ya jam 10."

Seketika itu juga gue sontak kaget dan ketar-ketir sendiri enggak jelas karena pukul di HP gue adalah 09.48 ! gue enggak tau apa yang akan terjadi kalo-kalo gue dateng lewat pukul segitu...
pikiran-pikiran buruk pun mulai merasuk :
gue enggak ketemu kakaknya, terus gue harus bayar lunas BOPB gue, dan akibat enggak sanggup bayar waktu hari H gue kena denda dan gue enggak bisa buka SIAK dan gue terpaksa keluar dari kampus perjuangan gueee T~T
Aaargh !!! NO NO NO !
(be calm somehow, Dio...)
*SIGH*
emang rumah gue enggak begitu jauh dari UI tapi kan tetep aja kalo udah pukul segitu siapa yang jamin kecuali Sang Pencipta ?
pertama-tama gue bingung mana duluan yang mesti gue kerjain, entah itu sarapan apa mandi duluan. Dan akhirnya gue dapet satu kesimpulan kalo pagi ini gue kedapetan ENGGAK SARAPAN dan ENGGAK MANDI ! (what a good boy) buru-buru gue semprot banyak-banyak parfum tercinta gue, enggak lupa juga pake obat keti (baca:deodorant) di --ya jelaslah-- keti gue, dan grasak-grusuk gosok gigi ala kadarnya. Setelah rangkaian kegiatan itu selesai, gue langsung CAO ke kampus.

Selama perjalanan gue enggak berani ngeliat HP, bukan iritasi karena HP gue yang sampe sekarang belum diganti, melainkan emang gue sekarang lagi kejar-kejaran sama waktu. Akhirnya gue nyampe juga di stasiun universitas tercinta gue, dan gue enggak mau ngambil resiko bakal jalan dari sini ke Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya alias FIB coz istilahnya udah injury time !
naik ojeklah gue dari stasiun ke FIB. goceng. MAHAL T~T
pas gue uda nyampe dan mau bayar dengan selembar uang Rp20.000,00, ternyata abang ojeknya enggak punya kembalian !
MAMA !
ya udah abis itu jadinya dikembaliin sama tukang ojeknya Rp10.000,00 dan dia janji bakal ngembaliin yang gocengnya ke gue pas ketemu dia lagi di pangkalan ojek deket stasiun.
"mudah-mudahan bisa dipercaya ni tukang ojek." batin gue.

gue tergopoh-gopoh sembari berlari-lari dengan riang menuju gedung IX dimana ruang BEM itu berada.
dan... voila !
ternyata ada Kak Denty, Kak Rahma, Kak Putri, Kak Wahyu, dan Kak Bepe yang kesemuanya itu adalah senior-senior gue di sastra Indonesia !
sungguh kehadiran mereka semua membayar ongkos gue pagi ini ! (tapi sayangnya enggak begitu pada kenyataannya XD~)
langsunglah di dalam ruangan itu gue bertatap muka dengan Kak Ana, selaku ka. departemen adkesma. Beliau langsung menyuguhkan format surat itu ke gue dan sekaligus ngasih tau gue kalo loket kesekretariatan dan kearsipan di gedung II bakalan tutup pukul 11.00 karena hari ini ada Jumat-an. Kak Denty yang sedang asyik mengetik di notebook-nya Kak Putri tiba-tiba pandangannya terpancing ke format yang sedang gue tulis ulang di notes gue.

"sini biar aku yang ngetik."
terlontar begitu aja dari mulutnya ketika waktu telah menggencet gue lebih dempet.

"waduh, makasih banget ya, Kak !"
kata gue no jaim sembari berjingkrak-jingkrakkan di dalam hati.

Gue ngediktein formatnya dan Kak Denty tentunya ngetik apa yang gue diktein dan ngoreksi ejaan-ejaan yang salah di format itu. Waktu gue yang makin kegempet ini dibayar lunas dengan kebaikan Kak Denty yang dari kemaren bantuin gue...
(gue doain Kak Denty semoga masuk surgaaa ! amin.)
nah, sekarang masalah perincian nyicilnya. periode cicilan dibagi 3, cicilan pertama tanggal 4-15 Januari 2011, cicilan kedua 1-15 Februari, dan cicilan ketiga 1-15 Maret. Masing-masing periode boleh sama rata pembagian besar biayanya atau boleh satu sama lain berbeda dalam pencantuman besar-kecilnya biaya yang akan dikeluarkan. Gue harus bayar Rp2.600.000,00 per semesternya. Jadinya gue mesti minta pendapat dong sama ortu, baiknya pengalokasian cicilannya berapa-berapa aja tiap periode. Setelah gue kirim sms ke ayah gue, beliau enggak bales, ditelpon juga enggak diangkat. Yaudah abis itu gue nyoba hubungin mama, tapi ga ada balesan juga dari beliau. Dan terakhir menunggu respon dari abang gue, tapi alhasil enggak dapet jawaban juga dari dia. Pikiran gue semrawut karena gue enggak tau ortu sanggup bayar berapa. Dan saat itu juga Kak Denty memecah kesemrawutan gue itu,

"guessing aja gimana, Dek ?"
tanya Kak Denty memberi jalan keluar.

"boleh aja Kak, tapi..."
jawab gue ragu.

"kira-kira aja, ya mungkin dibawah 1 juta dulu buat cicilan pertama dan seterusnya baru dipikirin nanti."
ujar Kak Denty menenangkan.

"iya pikiran Dio juga di bawah 1 jutaan, Kak."
jawab gue.

"berapa ya, Dek, kira-kira ? 800 ribu, 500 ribu, apa 300 ribu ?"
kata Kak Denty memberi pendapat.

"500 ribu aja, Kak."
jawab gue setengah yakin. Kak Denty keliatan berpikir sejenak dan langsung menjawab,

"Oke, berarti cicilan keduanya 1 juta, cicilan ketiganya 1,1 juta. gimana, Dek ?"
kata Kak Denty meyakinkan.

"Sip"
jawab gue ringkas.

selesailah perkara pengalokasian cicilan dan rampunglah semua yang diinginkan format itu.

Udah pukul 10.30
berarti sekarang tinggal nge-print.
biasanya mahasiswa-mahasiswa di sini nge-print segala macem urusannya di Kopma (Koperasi Mahasiswa) or di DPM. Karena kopma lagi tutup dan komputer di DPM juga lagi error, terpaksalah gue menilik ke fakultas tetangga berkat saran dari Kak Denty. Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Jujur, gue belom pernah ke fasilkom sampe detik ini juga (apa !?? bisa dikeroyok warga fasilkom lu yo !!!). Iya, maafin gue ya Kak Denty dan teman-teman. Besok-besok gue mesti apal peta UI di luar kepala (amin). Jadi gue rada galau nih kalo perjalanan gue ke fasilkom nanti malah membawa duka dan nestapa (sepik)
Dan gue pun memiliki pilihan lain.
Rental di STASIUN UI !
ya, gue putuskan untuk nge-print di sana karena jaraknya enggak begitu jauh dan sebenernya enggak begitu deket juga sih. Tapi alternatif ini yang paling meyakinkan.
Tanpa banyak pikir dan banyak cincong gue cabut ke sana.

Pukul 10.45 gue tiba di rental tersebut.
langsung aja gue colok MP3 abang gue, buka explore, buka file gue, dan teman-temannya itu.
*PRINT*
Pas gue liat lagi HP gue ternyata udah pukul 10.48 !
langsung aja gue ngibrit layaknya orang kebelet dari stasiun ke FIB gedung II.
Siapa sangka ternyata pas di pintu masuk FIB gue ketemu temen gue yang bernama Nuriyah Amalia a.k.a Jek !
dia temen sejurusan dan seangkatan gue di UI. Langsunglah dia menghampiri gue dan bertanya seputar SIAK NG. gue jawab sekenanya aja coz waktu enggak bisa diajak kompromi. Maafin gue ya Jek :'(

setibanya gue di gedung II tiba-tiba gue hopeless..
kenapa ?
di sana seperti tidak berpenghuni, sepi, sunyi.
Gue ngeliat loket kesekretariatan dan kearsipan dengan tatapan kosong karena tidak ada orang yang bertengger di sana.
Tapi, gue mencoba untuk memberanikan diri gue, melihat lebih dekat ke dalam loket itu.
dan ternyata...

PETUGASNYA MASIH ADA !

ternyata dia bersembunyi di balik komputer.
Thanks, God !
T~T
langsung ucapan syukur dari mulut berikut keringet dari sekujur tubuh gue mengucur dengan derasnya.
ternyata udah pukul 11.01
telat emang. Tapi, ya begitulah gue.
Prince of Ngaret yang selalu berdampingan dengan Princess of Luck (sok tau banget)
apapun itu, akhirnya gue bisa narik napas panjang dan berleha-leha sejenak sembari duduk di bangku deket loket. Dan kemudian gue memutar kembali rentetan peristiwa "ajaib" yang enggak beberapa lama gue alamin itu...

:D



Credits :

- Kak Denty (atas bimbingan, nasihat, kebaikannya)
- Kak Lu'lu (sebagai panjang tangan Kak Ana)
- Kak Ana (sebagai reminder bahwa kesempatan terakhir itu hari ini dan format suratnya. thx berat Kak Ana !)
- Kak Putri (makasih banyak ya Kak Putri sudah sudi meminjamkan notebook-nya !)
- Rental komputer di stasiun UI (mencetak dengan baik hasil print-nan suratnya)
- Tukang ojek (ternyata uangnya dikembaliin lho ! makasih ya abang tukang ojek yang budiman ! :D )
- MP3 abang gue (buat nyimpen data gue)

3 komentar:

  1. hwahaha, lucu..
    ga mandinya itu lho, untung yg nolongin kamu ga nolak gara2 kebauan.
    :D
    hmm, so, ngaret=beruntung, haha.

    BalasHapus
  2. makanya itu kalo ketemu orangnya jangan bilang" ya k !
    nanti mereka berubah pikiran lagi :DD

    ngaret+beruntung=Dio Adnan Farabi
    hehehe

    BalasHapus
  3. hahahaha, aduh dio maafin gue yaa, gue gatau kalo keadaan lo waktu itu lagi segenting itu, maaf yaa.
    aduh tapi gue ngakak,hahaha

    BalasHapus